Jadi Irup di SMAN 2 Abiansemal, Kasat Binmas Ajak Siswa Siswi Tanamkan 4 Pilar kebangsaan

BalistikNews ~ Mangupura – Kasat Binmas Polres Badung Iptu I Ketut Gunaweda, SH. sebagai Irup dalam upacara pengibaran Bendera Merah Putih yang dihadiri oleh siswa kelas X dan XI SMAN 2 Abiansemal yang beralamat di Desa Sedang Kecamatan Abiansemal Kabupaten BAdung, Bali. Senin (29 April 2024) pagi pukul 07.00 Wita.

Read More

Dalam upacara tersebut Kasat Binmas memberikan arahan dan membangkitkan rasa kebangsaan dan cinta pada tanah air kepada para siswa dan siswi SMA N 2 Abiansemal, beliau juga mengajak seluruh siswa untuk tetap mencintai Negara Indonesia melalui pemahaman dan pengamalan terhadap empat pilar kebangsaan yang terdiri dari UUD 1945, Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI.
“Sebagai generasi penerus bangsa, kita harus memiliki kecintaan yang mendalam pada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah atau para pemimpin, tetapi tanggung jawab kita semua sebagai warga negara,” ujarnya seijin Kapolres Badung AKBP Teguh Priyo Wasono, SIK, dihadapan Kepala SMAN 2 Abiansemal I Made Suwardana, S.Pd., Mpd. beserta seluruh Guru serta ratusan murid SMA N 2 Abiansemal.

Iptu Gunaweda juga menegaskan bahwa kecintaan pada Indonesia harus tercermin dalam pemahaman dan pengamalan terhadap empat pilar kebangsaan yang menjadi pondasi negara ini.
“UUD 1945, Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI bukan sekadar simbol, tetapi merupakan nilai-nilai yang harus kita junjung tinggi dalam kehidupan sehari-hari,” tambahnya.

Lebih lanjut, Kasat Binmas menjelaskan ini tidak hanya memberikan pengetahuan, tetapi juga menginspirasi siswa untuk terlibat aktif dalam menjaga dan memperkuat cinta mereka pada Negara Indonesia. Di tengah tantangan dan dinamika zaman, Kasat Binmas mengingatkan bahwa kebersamaan dalam memelihara dan mengamalkan nilai-nilai kebangsaan akan menjadi landasan kokoh bagi masa depan bangsa yang lebih baik. Selain itu dipaparkan makna dan pentingnya masing-masing pilar kebangsaan.
“UUD 1945 menjadi konstitusi yang mengatur dasar negara dan hak-hak serta kewajiban warga negara. Pancasila menjadi falsafah hidup bangsa Indonesia yang mengandung lima sila sebagai pedoman bertindak. Bhinneka Tunggal Ika menggambarkan keberagaman yang harus dijaga dan disatukan dalam satu kesatuan. Dan NKRI adalah bentuk nyata dari kesatuan wilayah, bangsa, dan budaya Indonesia,” Pungkasnya./ tika21

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *