Kapolres AKBP Teguh Priyo Wasono Jumat Curhat Melaksanakan Dengar Warga NTT

Balistiknews.com – Mangupura, Badung, Bali.
Kepala Kepolisian Resor Badung AKBP Teguh Priyo Wasono, S.I.K., melaksanakan “Jumat Curhat” dirangkai dengan kegiatan Silaturahmi dengan Tokoh Masyarakat dari Provinsi NTT (Nusa Tenggara Timur) di Aula Polres Badung, Jalan Kebo Iwa No. 1, Mengwitani, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Bali 80351, Jumat, (1/3/2024) pagi pukul 09.00 Wita.

“Jumat Curhat” ini merupakan Program Quik Wins Presisi Polres Badung dalam rangka menerima Laporan Pengaduan atau Keluhan Masyarakat.

Read More

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Kesbangpol Kab. Badung Putu Eka Rastuti, S.Stp., M.H., mewakili Kaban Kesbangpol Provinsi Bali, Kabid Binmas Pol. PP (Pamong Praja) Kab. Badung I Putu Subawa mewakili Kasat Pol PP (Pamong Praja), Wakapolres Badung Kompol I Made Pramasetia, S.H., S.I.K., M.H.,  PJU (Pejabat Utama) Polres Badung, Kapolsek Jajaran Polres Badung, Para Kasi Trantib (Ketentraman dan Ketertiban)  wilayah Kecamatan, dalam Daerah Hukum Polres Badung, Ketua Umum Flobamora Bali Herman Umbu Billy, Ketua HIKMAST Bali (Sumba Timur), Ketua IKST Bali (Sumba Tengah), Ketua IKSB Bali (Sumba Barat), Ketua IKSBD Bali (Sumba Barat Daya), Ketua IKKES Bali (Ikatan Keluarga Sumba), Ketua KOPAS Bali (Keluarga Kodi Pasola), Penasehat Flobamora Blasius Naya Manuk dan Forum Pembaharuan Kebangsaan Yosep Maharaja.

Kapolres Badung AKBP Teguh Priyo Wasono, S.I.K., mengatakan acara “Jumat Curhat” pagi ini dalam rangka menampung segala aspirasi dan keluhan dari masyarakat yang nantinya akan dijadikan bahan untuk mengevaluasi tugas-tugas Polri terutama Polres Badung kedepannya serta memberikan upaya penyelesaian/ solusi preventif-represif setiap permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat.

“Kegiatan Jumat curhat ini merupakan kegiatan yang digagas oleh Mabes Polri yang dilakukan setiap hari Jumat, dengan harapan melalui Jumat Curhat ini bisa dapat meningkatkan silahturahmi kami, bersimakrama dengan warga dan seluruh lapisan masyarakat di berbagai tempat, sehingga komunikasi dan koordinasi bisa semakin lancar,” ungkap Kapolres Badung AKBP Teguh Priyo Wasono, S.I.K.

“Tujuan dari kegiatan Jumat Curhat ini adalah untuk mendekatkan diri kepada masyarakat serta untuk mengetahui permasalahan- permasalahan apa yang terjadi di tengah-tengah masyarakat dan setiap permasalahan yang dialami oleh warga masyarakat khususnya masyarakat Badung jangan sungkan untuk disampaikan kepada pihak kepolisian setempat supaya bisa diberikan jalan keluar,” sambungnya.

Kapolres Badung berharap masyarakat dengan adanya kegiatan “Jumat Curhat” ini situasi Kamtibmas tetap aman dan kondusif, terlebih saat ini warga masyarakat masih sedang melaksanakan jalannya proses demokrasi Pemilu Serentak (Pilpres/ Pileg) Tahun 2024.

Sesi Tanya Jawab:

Ketua Umum Flobamora Bali Herman Umbu Billy,”Apakah bisa untuk warga kami yg tinggal di wilayah Badung diadakan pembinaan dan penyuluhan secara berkala? Agar lebih tidak berbenturan dengan warga lokal,”ujarnya.

*Tanggapan Kapolres Badung*
Kegiatan pembinaan sudah kami laksanakan baik itu dari Bhabinkamtibmas, fungsi Binmas maupun fungsi Intelkam mengingat belakangan ini banyak kejadian viral yang melibatkan warga dari Sumba/ NTT kami akan lebih meningkatkan lagi kegiatan pembinaan kami ke tempat tinggal warga Sumba/ NTT dan akan selalu menghimbau agar tetap bersama-sama menjaga situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif. Selain kegiatan pembinaan tersebut kami juga bekerjasama dengan “stake holder” setempat terkait rutin melaksanakan kegiatan sidak-duktang di wilayah kami, ini juga bertujuan untuk mendata jumlah duktang (Penduduk Pendatang) yang tinggal di wilayah Badung.

Ketua IKSBD Bali (Ikatan Keluarga Sumba Barat Daya) bertanya, “Langkah apa yang pertama kami lakukan bilamana warga kami ada yang terlibat perkelahian baik dengan warga lokal maupun sesama warga NTT/ Sumba?”

*Tanggapan Kapolres Badung*
Seandainya terjadi perkelahian antar sesama ataupun dengan warga lokal Bali, sebaiknya yang dituakan/ atau siapapun yang melihat kejadian  di tempat tersebut bisa segera melaporkan kejadian tersebut kepada Bhabinkamtibmas, Babinsa, Kepala Lingkungan ataupun dengan Kantor Kepolisian Terdekat di tempat tinggalnya, bilamana salah satu tidak bisa di hubungi maka bisa ditelpon ke nomor 110 itu adalah Call Center Polri, kejadian apapun bisa Bapak/ Ibu laporkan melalui nomor tersebut. Itu akan terhubung langsung ke Kantor Polisi terdekat/ setempat di wilayah Polres Badung. Call center tersebut berlaku di seluruh wilayah Indonesia. Selain tindakan tersebut agar di masing-masing pihak agar tidak memprovokasi, agar bisa menahan diri agar tidak terjadi keributan yang lebih meluas. Agar mengurangi minuman keras (miras) yang dimana itu adalah salah satu penyebab terjadinya perkelahian.

Ketua IKKES Bali (Ikatan Keluarga Sumba) bertanya, “Apakah bisa warga kami yang belum memiliki KTP Bali bisa membuat SIM di Bali?”

*Tanggapan Kapolres Badung*
Untuk pendaftaran SIM itu sudah bisa di buat di seluruh wilayah Indonesia, jadi syarat utama adalah wajib memilik e-KTP, dan sudah bisa membuat SIM di seluruh wilayah Indonesia; baik terkait dengan persyaratan dalam pengurusan SIM khususnya pembuatan SIM baru wajib datang ke Satpas Polres Badung mengingat disana terdapat sarana untuk Tes Teori dan Praktek yang wajib di ikuti untuk pengurusan SIM baru. Diingatkan untuk persyaratannya yang wajib dibawa adalah e-KTP, Surat Keterangan Sehat, hasil tes Psikologi selanjutnya mengisi blangko pendaftaran dan lulus dalam TES praktek maupun teori.

Ketua IKST Bali  (Sumba Tengah) menyoroti kepadatan arus lalu lintas hampir di seluruh ruas jalan berdampak terganggunya terhadap aktivitas masyarakat di jalan raya.

*Tanggapan Kapolres Badung*
Saat ini Polres Badung dan jajaran menerjunkan seluruh personel Lalu Lintas untuk melakukan pengaturan secara manual di simpang-simpang rawan kemacetan agar kemacetan bisa terurai. Namun saat ini juga upaya dari Polsek jajaran maupun Polres Badung tetap melaksanakan PH (Police Hazard) sore hari guna antisipasi terjadinya kemacetan saat jam pulang kerja sore hari, selain personel Lalu Lintas kami juga sudah menerjunkan personel lain staf-staf kami untuk memback-up personel Lalu Lintas yang melaksanakan tugas pengaturan baik di pagi hari maupun sore hari. Kepadatan lalu lintas juga selain disebabkan oleh aktivitas masyarakat di wilayah Badung yang sudah mulai meningkat, melainkan juga wilayah Badung menjadi pertemuan arus lalulintas dari beberapa Kabupaten/ Kota baik itu dari Singaraja, Tabanan maupun dari arah Jembrana.

Kegiatan “Jumat Curhat” dilanjutkan dengan foto bersama dan berakhir pada pukul 11.48 WITA berlangsung dengan tertib dan lancar.
(Humas Polres Badung/***JR77)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *