Polsek Abiansemal Gelar Simulasi Darurat Gempa Bumi, Peringati Hari Kesiapsiagaan Bencana

Bertempat di Mako Polsek Abiansemal, Jumat (26/04/2024) pagi waktu setempat, telah dilakukan kegiatan Simulasi Tanggap Bencana Alam Gempa Bumi oleh seluruh personil Polsek Abiansemal agar nantinya bila terjadi keadaan yang sebenarnya sudah tanggap dengan tugasnya masing-masing.

Read More

Dalam pelaksanaan ketika terjadi gempa bumi saat berada didalam ruangan kantor, segera keluar mencari tempat yang aman menuju titik kumpul yang sudah ditentukan.

Para personil diharapkan mampu dan tanggap melakukan pertolongan jika terjadi korban luka maupun korban jiwa, mengarahkan untuk berlindung ditempat yang diperkirakan aman seperti dibawah meja maupun benda dan barang yang dapat melindungi badan dari reruntuhan atau pecahan kaca.

Segera mengevakuasi tahanan dengan mengedepankan SOP yang sudah ada, pengecekan terhadap seluruh anggota dan tahanan jangan sampai ada yang tertinggal didalam bangunan serta pengecekan terhadap bangunan Mako maupun sarana dan prasarana Kantor.

Pasca Gempa dihimbau kepada seluruh personil untuk tetap waspada ketika sewaktu waktu terjadi gempa susulan.

Kapolsek Abiansemal Kompol Anak Agung Gede Rai Darmayasa, S.H., M.H., menegaskan pentingnya menyusun rencana dan prosedur kedaruratan (SOP), membentuk tim tanggap darurat, menyiapkan sarana prasarana kedaruratan, serta melaksanakan simulasi atau latihan dan evaluasi untuk mencegah atau meminimalkan korban baik benda dan jiwa.

“Hal ini bertujuan supaya seluruh personil Polsek Abiansemal terhindar dari bencana gempa bumi saat jam kerja”, ungkapnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *