SD NO. 4 Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung Meraih Penghargaan Adiwiyata Mandiri.

Badung, 24/10 BalistiNews.com ~ Masyarakat Bali boleh berbangga karena disektor Pendidikan Beberapa Sekolah di Bali memperoleh Penghargaan Adiwiyata Mandiri dan Nasional. Dan pewarta berhasil menemui Kepala Sekolah SD No 4 Jimbaran Bapak I Made Sudarma, S.Pd. M.Pd dan beliau mengatakan bahwa “Untuk meraih penghargaan Adiwiyata Mandiri ini tidak mudah dan butuh proses yang panjang, juga butuh team yang solid. Penghargaan Sekolah Adiwiyata adalah penghargaan yang diberikan kepada sekolah yang telah berhasil melaksanakan gerakan peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolahnya”, Tegasnya.
Melalui 6 perilaku ramah lingkungan hidup Yaitu :

Read More
  • Kebersihan, sanitasi, fungsi drainase.
  • pengelolaan sampah.
  • penanaman dan pemeliharaan pohon.
  • konservasi air.
  • konservasi energi.
  • inovasi PRLH.

Penghargaan ini adalah apresiasi dari Pemerintah terutama dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. Dan ini akan berkelanjutan sebagai proses edukasi Siswa terkait pada Kepedulian Lingkungan Hidup. Sehingga anak-anak sudah terbiasa menjaga lingkungannya, membuat Sekolah itu nyaman dan itu dirasakan oleh anak-anak. Yang paling penting dengan Adiwiyata ini siswa mendapatkan edukasi terkait dengan bagaimana mereka peduli berbudaya dan menjaga Lingkungan di Sekolah. “Harapan saya sebagai Kepala Sekolah anak anak selain teredukasi dan bisa menerapkan budaya dan lingkungan tidak hanya di Sekolah tapi juga diluar Sekolah”, Ujar Sudarma.

Penghargaan Adiwiyata ini sejalan dengan kebijakan Kemendikbudristek melalui Kurikulum Merdeka yang bercirikan sederhana, fleksibel dan kontekstual. Penghargaan di serahkan langsung oleh Kementrian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan RI Tahun 2023 Sebanyak: Adiwiyata Mandiri 134 sekolah dan Adiwiyata Nasional 417 sekolah.

(Ukie/Rudi78)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *