Semarak Bulan Suci Ramadhan, Baznas Kabupaten Badung Launching Gerai Z – Ifthor.

Balistiknews.com – Mangupura (Badung), Bali.
Pada hari Kamis ( 21/3/2024 ) Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Badung melakukan giat Ramadhan berupa peluncuran gerai Z – Ifthor di Masjid Al Fattah Taman Griya Jimbaran. Program Gerai Z – Ithor Baznas merupakan program berupa pemberian sarana untuk para jamaah dan masyarakat muslim untuk berjualan. Sebagai sarana penguatan ekonomi umat program ini juga memberikan modal untuk jamaah dan masyarakat muslim bisa berdagang. Acara ini dihadiri dan diresmikan oleh Pemerintah Kabupaten Badung yang diwakilkan Kadis Koperasi, UKM, dan Perdagangan Kab. Badung I Made Widiana, S.Sos., M.Si., Waka I Baznas Kabupaten Badung Drs. K.H. Sholeh Wahid, dan Yusuf Abdullah Kepala Pelaksana Baznas Badung.

Dalam sambutannya Kadis Koperasi, UKM, dan Perdagangan Kab. Badung I Made Widiana, S.Sos., M.Si mengapresiasi hadirnya kegiatan ini

Read More

“BAZNAS adalah mitra kami, harapannya kedepan dapat bersinergi dengan Pemkab Badung khususnya Dinas Koperasi, UKM, dan Perdagangan, program ini sangat bagus, tinggal terus dikembangkan,” ungkapnya.

Sementara itu Waka I BAZNAS Kab. Badung K.H. Sholeh Wahid mengatakan bahwa ini merupakan salah satu program dari banyaknya program BAZNAS.

“Sebelumnya ada BAZNAS MICROFINANCE MASJID ( BMM ), ada Z – Corner, Z – Chicken, Z –¬†Coffee, Z – Mart, itu semua harapannya mampu memberdayakan dan merubah mustahiq menjadi muzakki,” jelasnya.

Mustahiq merupakan sebutan untuk orang yang menerima zakat. Mustahiq ini terdiri dari beberapa golongan. Sedangkan, muzakki adalah orang yang menunaikan zakat. Untuk kesempurnaan dalam menjalankan puasa, menjelang akhir bulan Ramadhan kita diwajibkan untuk menunaikan zakat, atau yang lebih dikenal dengan zakat fitrah sebagaimana terdapat di dalam hadits.

Dilokasi kegiatan Yusuf Abdullah selaku Kepala Pelaksana BAZNAS KAB BADUNG menambahkan bahwa program ini merupakan program syiar Zakat.

“Bahwa dana Zakat memang sudah saatnya ditunaikan untuk mengentaskan kemiskinan, lebih-lebih cita-cita BAZNAS adalah merubah mustahiq menjadi muzakki, maka mari sama-sama tunaikan zakat melalui BAZNAS, karena Nikmat Berzakat, Tentramnya Muzaki, Bahagianya Mustahiq,” tuturnya.

Agenda ini juga akan berlanjut di Masjid Al Mujahidin Kuta, pada hari Jum’at ( 22/3/2024 ) dengan konsep serupa.

Oleh : Herdian Armandhani, S.E. ( HAD )

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *