Pantai Indah di Kubu Karangasem dengan Pemandangan Bawah Air USAT Liberty yang Menakjubkan

BalistikNews.com ~ Karangasem, Tulamben merupakan sebuah desa kecil yang berkembang menjadi objek wisata dengan potensi laut yang beraneka ragam di Utara Bali. Daya tarik tempat ini terletak pada potensi alam bawah laut yang sangat cocok untuk melakukan kegiatan menyelam atau snorkeling.

Read More

Hal ini karena kondisi air yang sangat jernih dan arusnya yang sangat tenang. Salah satu lokasi menyelam yang sering dikunjungi wisatawan adalah lokasi dimana kapal USAT (US Army transport) Liberty karam.

Kapal USAT Liberty sendiri merupakan sebuah kapal angkut tentara Angkatan Darat Amerika Serikat yang tenggelam setelah dihantam oleh torpedo kapal selam Jepang pada tahun 11 Januari 1942. Lokasi ini menjadi destinasi wisata menyelam termudah untuk semua tingkat keahlian menyelam. Hal ini disebabkan karena lokasi ini dapat dijangkau dari bibir pantai atau kurang lebih 25 meter (m) dari pesisir. Kedalaman dari lokasi ini snorkeling ini kurang lebih 30 m di bawah permukaan laut. Tempat ini menyimpan berbagai jenis spesies ikan karang dan ikan laut lepas yang dapat ditemui ketika menyelam di area kapal karam ini.

Bahkan diperkirakan terdapat kurang lebih 400 spesies ikan karang yang mendiami kapal dan 100 spesies ikan laut lepas yang mengunjungi area ini.

Tempat yang dikenal dengan sebutan Paradise Of ref ini juga menyimpan banyak kejutan hewan laut seperti ribbon eel, mimic octopus, boxer crab, gosh pipefish, seahorse, leaffish, garden eel, lionfish, harlequin shrimp dan masih banyak lagi jenis ikan lainnya.

Tak hanya itu saja, akibat dari letusan Gunung Agung pada 1963 yang mengeluarkan 300 juta kubik bebatuan, yang membuat pantai ini ditutupi oleh bebatuan sehingga memberikan keunikan tersendiri di Tulamben Bali.

Selain menikmati indahnya bangkai kapal liberty, pengunjung juga dapat menikmati keindahan terumbu karang, beberapa jenis ikan dan biota laut yang ada di area penyelaman. Keindahan bawah laut yang dimiliki oleh Pantai Tulamben merupakan tempat penyelaman terbaik yang ada di Pulau Dewata. Bahkan wisatawan juga diperbolehkan untuk memancing, dengan menyewa perahu motor.
Lokasi Tulamben
Pantai yang terkenal akan keindahan alam bawah laut ini terletak di desa Tulamben dan berdekatan dengan Pantai Amed. Pantai ini termasuk ke dalam wilayah administratif Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem, provinsi Bali.

Kalo kalian ke Bali wajib untuk menikmati tempat indah di Kubu Karangasem. Nikmati keindahan alam bawah laut yang sangat menakjubkan. Mengenai hotel,villa,resort,homestay tak perlu khawatir karena disini banyak tempat keren untuk beristirahat dan juga kuliner baik Western food,Eastern food,Traditionall food semua ada disini.
(BNC)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *